JURUSAN PEMASARAN
SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barangatau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
VISI JURUSAN PEMASARAN SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR
Menjadi Program Keahlian Yang Unggul Dan Menghasilkan Lulusan Yang Profesional Dan Jujur Dengan Menerapkan Validasi Kurikulum
MISI JURUSAN PEMASARAN SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR
( 1. ) Melaksanakan pembelajaran produktif terpadu dengan nilai-nilai normatif.
( 2. ) Melaksanakan validasi kurikulum dan implementasinya.
( 3. ) Melaksanakan pembelajaran tuntas.
( 4. ) Melaksanakan praktek kerja industri.
Tujuan Kompetensi Keahlian
– Menerapkan prinsip professional bekerja
– Melaksanakan komunikasi bisnis
– Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
– Memahami prinsip-prinsip bisnis
– Menata produk
– Melaksanakan negosiasi
– Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan
– Melaksanakan proses administrasi transaksi
– Melakukan penyerahan/pengiriman produk
– Melaksanakan penagihan pembayaran
– Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
– Menemukan peluang baru dari pelanggan
– Melaksanakan pelayanan prima (expansion store opening)
– Melakukan pemasaran barang dan jasa