Jurnal : ” PENERAPAN METODE TSAQIFA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL – QURAN PADA SISWA KELAS XI BDP 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019 ” Oleh Asrori S.Pd I

SMK Muhammadiyah 2 Karanagnyar memiliki program seluruh peaerta didik bisa  membaca Al-Qur’an. Semua siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an wajib mengikuti program pembelajaran yang diadakan sekolah, agar mereka bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar.Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu masih banyak siswa dari SMK Muhammadiyah 2 karanganyar yang belum bisa membaca alquran.Minimnya motivasi belajar siswa tentang membaca alquran, metode yang tidak bervariasi dan hasil kemampuan membaca al-quran yang kurang baik di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar terkhusus kelas XI BDP 1, namun dalam penelitian ini penulis membatasi aspek yaitu hasil dari kemampuan membaca alquran, penulis menggunakan metode tsaqifa dalam kemampuan membaca al-quran guna menguji apakah metode ini dapat memperbaiki kemampuan membaca al-quran siswa. Metode tsaqifa merupakan bagian dari metode pembelajaran al-quran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.Sedangkan tujuan yang hendak di capai dari penggunaan metode tsaqifa ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca al-quran siswa kelas XI BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan melalui 3 siklus dengan tahapannya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Selain itu, peneliti ini pun menggunakan beberapa metode penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.Temuan penelian ini bahwa setelah menggunakan metode tsaqifa dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca al-quran siswa kelas XI BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar .Hasil belajar yang di peroleh adalah kenaikan hasil kemampuan membaca al-quran siswa sesuai dengan KKM yaitu 75. Peserta didik yang mendapat nilai > 75 sebelum penelitian sebanyak 10 siswa (50%), siklus I sebanyak 14 siswa (70%), siklus II sebanyak 17 siswa (85%) dan siklus III sebanyak 20 siswa ( 100%). Oleh sebab itu, dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode tsaqifa dapat menigkatkan kemampuan membaca al-quran siswa kelas XI BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.

Kata Kunci: Ketrampilan Membaca Al-Quran, Hasil Belajar.

Versi PDF Lengkapnya disini JURNAL ASRORI