IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI AKHLAK SISWA KELAS XI 

Siti Istiqomah

PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALJAB UIN SURAKARTA

Email : istiqomah1977@gmail.com

Abstrak : Tujuan penelitian akan menghasilkan suatu kepuasan baik terhadap diri peneliti ataupun terhadap pembaca. Dari uraian diatas peneliti dapat memberikan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripiskan Penggunaan Model Pembelajaran Sosiodrama untuk meningkatkan aktivitas belajar   Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI MPLB 1 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar Semester Gasal Tahun Tahun Pelajaran  2023/2024, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penggunaan Model Pembelajaran Sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi akhlak  mengenai menghindari akhlak tercela  Siswa Kelas XI MPLB 1 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar Semester Gasal Tahun Tahun Pelajaran  2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MPLB 1 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar yang berjumlah 38 peserta didik. Obyek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dan melibatkan partisipasi peserta didik.

Kata Kunci: Pembelajaran Metode Sosiodrama, Aktivitas dan hasil belajar, menghindari akhlak tercela

lebih lengkap bisa baca disini

Pin It on Pinterest